Pilih Cincin Emas Putih Atau Platina Untuk Pernikahanmu ?

Sebuah pernikahan merupakan hari bahagia pada setiap pasangan. Jika sudah menuju ke pernikahan hal yang tidak boleh dilupakan adalah cincin kawin. Cincin merupakan  hal yang wajib dipersiapkan dan wajib untuk mempersiapkan segalanya jika ingin membeli cincin yang sesuai dengan keinginan satu sama lain.  Memilih cincin kawin untuk pernikahan bukan hal yang digampangkan begitu saja. Ada beberapa faktor yang harus dipikirkan. Mulai dari bahan cincin, model cincin kawin yang diinginkan, ukuran cincin yang harus pas dijari, permata atau berlian yang harus dipasang di cincin. Perkembangan zaman yang maju ikut membuat kemajuan dalam pembuatan cincin kawin. Ada beberapa bahan yang cocok dijadikan cincin kawin mulai dari bahan titanium, silver atau perak, emas, palladium dan platina.

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa faktor yang harus dipikirkan ketika membeli cincin yaitu umur cincin atau keawetan cincin, halal atau tidak bagi pria muslim yang akan memakainya, rapi atau enggak cincin yang dibuat oleh toko cincin yang kamu pesan. Kamu harus lebih hati-hati dalam memilih cincin kawin karena maraknya kasus penipuan. Jika tujuanmu membeli cincin nikah untuk dipakai selamanya dan tentunya ingin awet dan tidak karatan atau warnanya tidak pudar maka lebih baik kamu memesan cincin dengan bahan emas putih atau platina. Cincin emas putih dan platina merupakan jenis logam yang sangat populer untuk dijadikan perhiasan termasuk cincin kawin. Berikut akan dijabarkan kelebihan dan kekurangan cincin emas putih dan platina.

– Cincin kawin dengan bahan emas putih


Cincin dengan bahan emas putih merupakan campuran antara emas kuning dengan beberapa logam yang berwarna putig seperti silver atau palladium. Maka, terciptalah emas putih karena sudah dicampur dengan beberapa bahan tersebut. Biasanya emas putih juga akan dicelupkan dengan air yang berwarna putih yaitu air rhodium. Air rhodium berguna agar cincin akan terlihat lebih berkilau dan terhindar dari karatan. Emas putih harus selalu dilapisi oleh air rhodium agar warna pada emas putih tidak pudar dan jika pudar maka cincin tersebut akan kembali ke semula yaitu berwarna emas. Maka, baiknya cincin dengan bahan emas putih setiap satu tahun sekali harus dilapisi oleh rhodium. Dari segi harga emas putih termasuk murah daripada harga platina atau platinum. Akan tetapi jika dibandingkan dengan bahan yang lain seperti silver, palladium maupun emas cincin dengan bahan emas putih tentu lebih mahal. Kualitas cincin emas putih sangat terjamin jika ingin memesan cincin nikah dengan ketahanan yang sangat lama. Dibandingkan silver yang akan cepat pudar jika terkena zat yang mengandung keasaman dengan estimasi 3-4 bulan maka cincin tersebut akan pudar dan berkarat.

– Cincin kawin dengan bahan platinum


Platina tidak perlu dicampur dengan bahan yang lainnya. Berbeda dengan bahan emas putih yang harus dicampur dengan bahan lainnya. Warna asli dari platina yaitu putih dan agak keabu-abuan yang sangat alami. Perbedaan yang sangat signifikan adalah perubahan warna pada cincin tersebut. Cincin kawin dengan bahan platina tidak akan pudar warnanya karena memang sudah putih dari asalanya berbeda dengan cincin emas putih. Dari segi harga platina lebih mahal dari emas putih. Jika memang mempunyai uang yang cukup untuk membeli cincin dengan bahan platina lebih baik memiih cincin ini untuk pernikahan anda. Bahan platina lebih kuat dan padat empat kal lipat dari emas putih. Itulah sebabnya bahan platina lebih kuat  dan tahan lama dibandingkan dengan emas putih. Tentu cincin yang dipilih ingin awet selamanya. Cincin dengan bahan platina juga sangat sulit untuk didapatkan karena di indonesia sangat susah mencari bahannya karena tambang platina lebih sedikit dibandingkan dengan tambang emas. Tidak semua toko cincin yang membuat cincin dengan bahan platina.

Itulah beberapa kelebihan dan penjabaran tentang cincin berbahan emas putih dan platina. Memang sama-sama putih warnanya. Tapi dari segi awet platina lebih unggul. Pilih cincin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terlalu dipaksakan jika memang tidak bisa untuk membelinya.

Diana Meyzia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *